PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED BERBASIS METAKOGNITIF

  • Nunuy Nurkaeti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Turmudi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Karso Universitas Pendidikan Indonesia
  • Vira Pratiwi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Sani Aryanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Yosi Gumala Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Pendekatan Open-Ended Berbasis Metakognitif

Abstract

Salah satu kemampuan matematis yang dikembangkan di sekolah dasar adalah kemampuan pemahaman matematis. Pengembangannya dapat dilakukan melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa sekolah dasar yang belajar dengan menggunakan pendekatan open-ended berbasis metakognitif, pendekatan open-ended, dan pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest grup desain. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar dengan pendekatan open-ended berbasis metakognitif lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pendekatan open-ended dan pembelajaran langsung. Adanya penggunaan startegi metakognitif mendorong dan melatih siswa dalam memahami dan mengemukakan pikirannya secara sadar, sehingga siswa mampu menyelesaikan soal matematika yang diberikan.

Published
2019-10-25
How to Cite
Nurkaeti, N., Turmudi, Karso, Vira Pratiwi, Sani Aryanto, & Yosi Gumala. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED BERBASIS METAKOGNITIF. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 1095-1104. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/156