APLIKASI ELSA SPEAK SEBAGAI INOVASI PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUCAPAN BAHASA INGGRIS DI ERA SOCIETY 5.0: PERSEPSI SISWA
Abstract
Bagi para siswa EFL (English as Foreign Language) atau bahasa Inggris sebagai bahasa asing, cara pengucapan merupakan masalah paling umum dalam belajar bahasa Inggris. Penutur asli bahasa Inggris memiliki aksen yang berbeda dengan aksen yang digunakan para siswa dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, para siswa harus bisa menyesuaikan aksen para penutur asing dengan aksen lokal yang sering mereka gunakan. Pada era Society 5.0 ini, sumber belajar bukan hanya melaui guru dan buku. Kita juga bisa mengakses internet sebagai sumber belajar, salah satunya penggunaan aplikasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa dalam pembelajaran pengucapan bahasa Inggris menggunakan aplikasi ELSA Speak. ELSA merupakan singkatan dari English Language Speech Assisstant. Aplikasi ini digunakan untuk melatih cara pengucapan siswa agar sesuai dengan cara pengucapan penutur asing. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari enam siswa SMA. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner yang terdiri dari 15 pertanyaan. Berdasarkan temuan yang kami dapatkan, para siswa menyatakan bahwa aplikasi ELSA Speak memberikan pengaruh yang baik dalam pembelajaran cara pengucapan bahasa Inggris