MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR

  • Susilawati Universitas Majalengka
  • Ani Rosidah Universitas Majalengka
Keywords: Model Search Solve Create And Share, Pemahaman Konsep

Abstract

IPA memiliki peranan penting dalam pembelajaran karena di dalam pembelajaran IPA memiliki 3 aspek yang dikembangkan yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka yaitu kajian yang mendalam tentang peristiwa, lingkungan, dan situasi tertentu yang memungkinkan mengungkapkan atau memahami sesuatu hal.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SSCS. Model SSCS adalah model pembelajaran yang didesain untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan pemanhaman konsep terhadap konsep ilmu,serta pembelajaran yang dalam setiap tahapannya melibatkan peserta didik secara langsung untuk menyelesaikan masalah dengan mengembangkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat diselidiki. Sehingga memudahkan memecehkan masalah uketika sudah dipahami terlebuh dahulu dengan demikian tujuan pembelajaran akan tercapai apabila guru mampu menggunakan model pembelajaran dengan baik dan tepat.

Published
2020-11-11
How to Cite
Susilawati, S., & Rosidah, A. (2020). MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 17-25. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/295