MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS)

  • Tiani Gurnita Putri Universitas Majalengka
  • Ani Rosidah Universitas Majalengka
Keywords: Model SSCS, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan proses untuk membantu peserta didik agar belajarnya lebih bermakna mampu menguasai pengetahuan dan konsep serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Strategi pembelajaran IPA harus mampu membentuk karakter peserta didik yang kreatif sebagai generasi penerus yang unggul, serta inovatif sesuai dengan harapan era Revolusi Industri 4.0 dalam meningkatkan kualitas belajar. Implementasi kegiatan pembelajaran IPA yang berbasis pada pemecahan masalah dapat membantu siswa memperkaya konsep, dan dapat menanamkan karakter peserta didik yang positif. Metode penelitian ini merupakan kajian literatur yang berdasarkan sumber tertulis yang relevan terkait dengan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) yang dapat memperbaiki hasil belajar siswa. Tujuan penulisan karya tulis ini untuk memberi pemahaman kepada pendidik agar memiliki berbagai cara yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman dalam menyampaikan ilmu atau pengetahuan. Model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) memiliki empat fase yaitu mengidentifikasi masalah (Search), merencanakan penyelesaian masalah (Solve), menuliskan solusi masalah (Create) dan mengkomunikasikan solusi masalah (Share).

Published
2020-11-11
How to Cite
Putri, T. G., & Rosidah, A. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 56-60. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/301