ANALISIS KESALAHAN LITERASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara menganalisis kesalahan literasi matematis siswa berdasarkan prosedur Newman Error Analysis. Berdasar pada data PISA (Program for Internasional Student Alaysis) dibeberapa tahun terakhir, menyatakan bahwa kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia masih tergolong rendah dibanding negara lain. Rendahnya prestasi tersebut tidak terlepas dari kesulitan siswa dalam mempelajari dan memahami konteks materi yang diberikan guru, sehingga hal tersebut menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal yang membutuhkan kemampuan literasi matematisnya. Kemampuan literasi matematis disini mencakup penalaran konseptual, prosedural dan penarikan kesimpulan. Tahapan analisis kesalahan kemampuan literasi matematis tersebut dapat dianalisis menggunakan metode Newman dengan tahapan membaca (reading), memahami (comperhension), mentransformasikan (transformation), keterampilan prosedural (prosedural skill), dan penulisan jawaban (encoding).