URGENSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ECOLITERACY BERBASIS KEARIFAN LOKAL INDRAMAYU

  • Elga Utari Universitas Majalengka
  • Devi Afriyuni Yonanda Universitas Majalengka
  • Ujiati Cahyaningsih Universitas Majalengka
Keywords: Bahan Ajar, Ecoliteracy, Kearifan Lokal Indramayu

Abstract

Lingkungan alam yang sebagian besar manusia memanfaatkan sebagai alat pemenuhan kebutuhan namun perilaku manusia terhadap sumber daya alam cenderung tidak peduli dan berperilaku destruktif. Ecoliteracy adalah suatu usaha untuk meningkatkan dan membiasakan diri untuk peduli pada lingkungan. Berbagai usaha diperlukan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan salah satu usaha itu dengan budaya dan kearifan lokal khususnya kearifan lokal Indramayu, nilai-nilai yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk mengelola lingkungan hidup secara lestari. Berdasarkan studi awal tidak adanya buku untuk mengenalkan kearifan lokal Indramayu, bahan ajar merupakan komponen penting yang di gunakan guru dalam kegiatan pembelajaran ataupun sumber belajar yang dapat membantu siswa dalam belajar. Kajian literatur ini mencoba untuk menilik lebih dalam tentang pentingnya pengembangan bahan ajar ecoliteracy berbasis kearifan lokal Indramayu dengan didukung oleh hasil penelitian-penelitian sebelumnya.

Published
2020-11-11
How to Cite
Utari, E., Yonanda, D. A., & Cahyaningsih, U. (2020). URGENSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ECOLITERACY BERBASIS KEARIFAN LOKAL INDRAMAYU. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 73-79. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/303