KOMPENSASI MOTIVASI DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT KARIR SEBAGAI GURU DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Agustina Marzuki Universitas Tridinanti Palembang
  • Crystha Armereo Universitas Tridinanti Palembang
  • Agung Anggoro Seto Politeknik Negeri Sriwijaya
Keywords: Kompensasi, Motivasi, Lingkungan, Self Efficacy, Minat Karir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh kompensasi, motivasi dan lingkungan terhadap minat karir sebagai guru dengan self eficacy sebagai variabel intervening pada lulusan sekolah menengah atas (SMA) di Kota Palembang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh lulusan SMA di Kota Palembang pada tahun 2008 yang berjumlah 49.170 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Metode analisis data menggunakan path analysis. Hasil analisis menemukan bahwa kompensasi, motivasi dan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat karir sebagai guru pada lulusan SMA di Kota Palembang baik secara parsial maupun simultan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Besar pengaruh motivasi terhadap minat karir adalah sebesar 70,7%, sedangkan kompensasi dan lingkungan memberikan pengaruh masing-masing sebesar 16,6% dan 12,7%.  Penelitian ini juga membuktikan bahwa variabel self efficacy terbukti berperan sebagai variabel intervening pada pengaruh kompensasi, motivasi dan lingkungan terhadap minat karir menjadi guru pada lulusan SMA di kota Palembang.

Published
2020-11-11
How to Cite
Marzuki, A., Armereo, C., & Seto, A. A. (2020). KOMPENSASI MOTIVASI DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT KARIR SEBAGAI GURU DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 87-97. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/304