PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE

  • Ilona Tiara Liontin Universitas Majalengka
Keywords: Model Children Learning In Science, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penulisan karya tulis ini mengkaji penerapan model Children Learning In Science (CLIS) pada pembelajaran IPA. Tulisan ini merupakan penelitian konseptual yang dikaji berdasarkan sumber-sumber tertulis relevan yang di temukan oleh penulis. Tulisan ini dilatarbelakangi karena kurang bervariasinya guru dalam menggunakan model pembelajaran yang menyebabkan masih rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Tujuan Pengkajian pada artikel ini sebagai rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya. Artikel ini membahas berdasarkan ruang lingkup dari model Children Learning In Science (CLIS) meliputi Pengertian CLIS, Karakteristik CLIS dan penerapan CLIS untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA. IPA adalah ilmu yang mempelajari mengenai teori tentang alam beserta gejala-gejala alam yang disusun secara sistematis dan terorganisir yang berdasarkan pada hasil percobaan dan pengamatan. Hasil dari kajian konsep dari beberapa sumber tertulis dan penelitian relevan bahwa model Children Learning In Science adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan belajar karena siswa dalam pembelajaran melakukan pengamatan dan percobaan dengan berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh setelah kegiatan belajar berupa aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Berdasarkan kajian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Children Learning In Science dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

Published
2020-11-11
How to Cite
Liontin, I. T. (2020). PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 150-157. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/315