ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

  • Dea Fajar Meilawati Universitas Majalengka
Keywords: kemampuan pemahaman konsep, matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mengingat dan memahami konsep yang telah dipelajari pada materi operasi hitung bilangan bulat yang disampaikan oleh guru sehingga kemampuan pemahaman konsep siswa beragam. Terdapat beberapa siswa yang dapat memahami materi dengan cepat akan tetapi adapula siswa yang masih lambat dalam memahami materi. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor dari dalam siswa maupun faktor dari luar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti bermaksud untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui sejauh mana kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar dan ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematik di kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah dasar di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Majalengka yang berjumlah 6 (enam) orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data yang digunakan adalah kualitatif dengan tahapan koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Published
2020-11-11
How to Cite
Meilawati, D. F. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 158-166. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/316