PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Elina Universitas Majalengka
  • E. Kosmajadi Universitas Majalengka
Keywords: hasil belajar, round club

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mengenai model pembelajaran kooperatif tipe round club untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dimana setiap siswa dituntut untuk mendapatkan hasil belajar. Hasil belajar yang diharapkan dapat berupa bertambahnya kemampuan-kemampuan siswa yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Untuk mencapai tujuan pembelajaran dan hasil belajar maka dibutuhkan model pembelajran yang tepat, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round club. Model pembelajaran round club atau keliling kelompok adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerjasama saling membantu mengkontruksi konsep. Model pembelajaran ini lebih membuat siswa aktif, dimana siswa saling bekerjasama untuk saling membantu menyelesaikan persoalan dan siswa diberi kesempatan untuk menyatakan, menjelaskan, menggambarkan, mendengarkan, dan menanyakan tugas yang diberikan oleh guru kepada kelompoknya. Dengan adanya diskusi di dalam kelompok, siswa dapat meningkatkan komunikasi. Kajian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai penerapan model round club sebagai model pembelajaran aktif untuk di terapkan di sekolah.  Manfaat dari kajian ini adalah diharapkan dapat memberikan tambahan informasi dan data mengenai meningkatnya hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran round club. Hasil yang diharapkan dari kajian ini adalah model pembelajaran Round Club memungkinkan peserta didik mengeksplor dan memahami sendiri materi yang diberikan guru sehingga pembelajaran tidak lagi membosankan. Dengan demikian hasil belajar siswa pun dapat meningkat.round club

Published
2020-11-11
How to Cite
Elina, E., & Kosmajadi, E. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 180-186. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/319