PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN CIPARAY I TAHUN AJARAN 2020/2021

  • Nani Widiyanti Universitas Majalengka
  • Yoyo Zakaria Ansori Universitas Majalengka
Keywords: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

Abstract

Motivasi belajar sangat penting dimiliki oleh siswa agar siswa semangat dan dapat menerima pembelajaran dengan baik. Namun pada kenyataannya pada pembelajaran siswa merasa bosan dan kurang bersemangat. Maka penggunaan media pembelajaran diindikasi mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi  belajar siswa. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Ex-Post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di kelas V SDN Ciparay I Kabupaten Majalengka berjumlah 70 dan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability yaitu sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Ciparay I tahun ajaran 2020/2021, hal tersebut terlihat dari nilai t-hitung yaitu 6,620 jika dibandingkan dengan t-tabel taraf signifikan 0,5 dengan df = 68 (df=n-1=70-2=19) yaitu 1,995 maka t-hitung > t-tabel atau 6,620 > dari 1,995. Hal tersebut mengindikasikan bahwa penerapan pembelajaran dengan media pembelajaran akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Besarnya kontribusi pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Ciparay I tahun ajaran 2020/2021 yaitu sebesar 39,18%, hal tersebut terlihat dari hasil analisis koefiseien determinasi dimana nilai R yaitu 0,626.

Published
2020-11-11
How to Cite
Widiyanti, N., & Ansori, Y. Z. (2020). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN CIPARAY I TAHUN AJARAN 2020/2021. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 222-228. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/325