RANCANG BANGUN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MATERI ARITMATIKA SOSIAL BAB PAJAK DISKON DAN BUNGA TUNGGAL GUNA MENDUKUNG KEMERDEKAAN BELAJAR

  • Yuni Verawati Universitas Islam Jember
  • Fury Styo Siskawati Universitas Islam Jember
Keywords: Multimedia pembelajaran, Komputer, Kemerdekaan Belajar

Abstract

Pembelajaran merupakan proses utama dalam membangun kapasitas learners. Tujuan dari penulisan ini untuk menelaah atau merancang multimedia pembelajaran berbasis komputer materi aritmatik sosial bab pajak diskon dan bunga tunggal. Materi ini dipilih dikarenakan urgenitas yang dibutuhkan dalam lapangan kerja yang saat ini sedang dibutuhkan. Gagasan ini didasari oleh teori multimedia yang meyakini terkait penggunan animasi, teks, suara, video dan gambar yang diintegrasikan ke dalam satu media, sehingga menjadikan multimedia ini semakin menarik untuk digunakan. Metode yang digunakan dalam rancang bangun mengutip dari pernyataan De Diana pada tahun 1988 yang mengungkapkan siklus hidup dalam rancang bangun desain sistem multimedia, yakni (1) analisis syarat dan menetapkan sistem yang akan dikembangkan, (2) desain sistem, (3) penerapan dan ujian unit-unit software, (4) ujian sistem dan (5) operasi dan penyelenggaraan. Hasil yang diperoleh berupa rancangan multimedia pembelajaran berbasis komputer materi aritmatika sosial bab pajak diskon dan bunga tunggal. Konsep dari multimedia berbasis komputer ini yakni pengguna dapat menikmati gambar yang disajikan untuk menanamkan imajinasi pengguna yang disertai dengan teks penjelas dari gambar tersebut. Di samping itu, dalam multimedia ini juga tersedia game based learning untuk memperjelas konten. Evaluasi yang digunakan menggunakan Quizizz yang sudah diintegrasikan. Harapannya, multimedia ini dapat membantu dalam upaya mengatasi problematika belajar

Published
2020-11-11
How to Cite
Verawati, Y., & Siskawati, F. S. (2020). RANCANG BANGUN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MATERI ARITMATIKA SOSIAL BAB PAJAK DISKON DAN BUNGA TUNGGAL GUNA MENDUKUNG KEMERDEKAAN BELAJAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 278-285. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/332