PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

  • Ujiati Cahyaningsih Universitas Majalengka
  • Dede Salim Nahdi Universitas Majalengka
Keywords: Realistic Mathematic Education, berpikir kritis

Abstract

Berpikir kritis menjadi keterampilan terpenting dalam menghadapi tantangan dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Namun, beberapa penelitian menggambarkan keterampilan berpikir kritis siswa masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran yang dianggap dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, di ataranya Model Realistic Mathematic Education. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Kabupaten Majalengka tahun pelajaran 2019/2020 dengan sampel siswa kelas IV SDN Baturuyuk II Dawuan. Sampel diambil sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen Model RME, dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Published
2020-11-11
How to Cite
Cahyaningsih, U., & Nahdi, D. S. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 286-293. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/333