PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SILENT DEMONSTRATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPS

  • Nur Habibah Martiani Universitas Majalengka
  • E. Kosmajadi Universitas Majalengka
Keywords: Pembelajaran IPS, Silent Demonstration, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada Pembelajaran IPS, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran silent demonstration di SDN Kawunggirang II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti bekerjasama dengan guru kelas IV SDN Kawunggirang II sebagai observer. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang akan digunakan sebagai hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi serta dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes akhir setiap siklus dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini pembelajaran dengan menggunakan model Silent Demonstration dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS serta penerapan silent demosntration dapat dijadikan alternatif sebagai upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa.

Published
2020-11-11
How to Cite
Martiani , N. H., & Kosmajadi, E. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SILENT DEMONSTRATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 294-302. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/334