PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

  • Ade Rani Marlina Universitas Majalengka
  • Wiwi Sri Wahyuni Universitas Majalengka
Keywords: Pendidikan karakter, pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Pendidakan karakter tiba-tiba menjadi wacana hangat di dunia Pendidikan Indonesia. Masalah-masalah yang terjadi seperti kekerasan, korupsi, manipulasi, praktek-praktek kebohongan dalam dunia pendidikan mulai dari menyontek dalam ujian sampai plagiat, kurang keteladanan dikalangan para pemimpin bangsa, dan sebagainya, sebenarnya menyangkut masalah karakter. Seperti kita ketahui bahwa karakter bangsa Indonesia sekarang merosot. Oleh karena itu pendidikan karakter sebagai solusi untuk untuk membangun karakter bangsa agar memiliki karakter yang baik. Dalam pemberian pendidikan karakter pada sebuah lembaga pendidikan dapat dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian yang menggunakan studi kepustakaan ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan karakter yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwap pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia memerlukan pemahaman guru sebagai pelaksana kurikulum dan fasilitator bagi siswa melalui kegiatan pembelajaran di sekolah sehingga siswa tidak hanya memiliki kompetensi yang baik, melainkan juga memiliki budi pekerti yang terpuji.

Published
2020-11-11
How to Cite
Marlina, A. R., & Wahyuni, W. S. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 303-313. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/335