METODE OVERVIEW, KEY, READ, RECALL, REFLECT, REVIEW UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Ayu Ratna Yuliana Universitas Majalengka
  • Roni Rodiyana Universitas Majalengka
Keywords: Metode OK4R, Keterampilan Membaca Pemahaman

Abstract

Keterampilan berbahasa memiliki empat aspek yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis yang saling berkaitan, oleh sebab itu, siswa harus dibekali alat komunikasi dan keterampilan Bahasa yang baik untuk dapat berkomunikasi dan menyampaikan informasi dengan baik. Namun pada kenyataannya minat siswa didalam pembelajaran membaca tergolong rendah sehingga siswa kurang mampu memahami isi teks bacaan. Oleh sebab itu salah satu alternatif untuk untuk menumbuhkan minat siswa dalam membaca adalah dengan menggunakan Metode OK4R yaitu metode pembelajaran yang bertujuan untuk mampu mengaktifkan dirinya dalam mempelajari konsep membaca dan menanamkan informasi dalam ingatan jangka panjang sehingga siswa akan terus mengingat isi bacaan. Keterampilan pemahaman membaca pemahaman adalah kegiatan membaca yang berusaha memahami isi bacaan/teks secara menyeluruh. Dengan demikian tujuan pembelajaran akan tercapai apabila guru mampu menggukan metode pembelajaran dengan baik.

Published
2020-11-11
How to Cite
Yuliana, A. R., & Rodiyana, R. (2020). METODE OVERVIEW, KEY, READ, RECALL, REFLECT, REVIEW UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 354-361. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/341