PEMBELAJARAN MENULIS DALAM GAMITAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

  • Bella Febriani Universitas Majalengka
  • Roni Rodiyana Universitas Majalengka
Keywords: Pendidikan Karakter, Integrasi, Pembelajaran Menulis

Abstract

 

Kodrat manusia sebagai makhluk sosial diciptakan oleh Tuhan dengan beragam karakter. Beberapa siswa menganggap bahwa komponen sikap tidak terlalu menjadi sorotan seorang guru, yang terpenting adalah mendapatkan nilai bagus. Tanpa sadar ketika siswa memiliki persepsi demikian, secara tidak langsung siswa tersebut perlu dibentuk karakternya. Pembelajaran yang berlangsung didalam kelas khususnya pembelajaran menulis semestinya tidak hanya mengedepankan aspek kognitif saja, melainkan ranah afektif  harus ditonjolkan agar perilaku yang baik dapat melekat dalam diri siswa. Tujuan artikel ini adalah untuk memahami gambaran utuh mengenai implementasi pendidikan berbasis karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran menulis di SD. Penelitian ini dilakukan di SDN Pasirmuncang 1, Majalengka. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan kajian literatur sebagai teknik pengambilan data sekunder. Selain itu, data primer diperoleh dari hasil interview dengan key informant: kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data dilakukan dengan reduction, display, dan verification. Hasil yang diperoleh adalah pengelolaan pendidikan karakter dibagi menjadi dua strategi, yaitu strategi internal ditempuh melalui empat pilar, yakni KBM di kelas, kegiatan keseharian (school culture, habituation, ko-kurikuler, dan ekstrakurikuler), lalu eksternal ditempuh melalui kerja sama dengan orang tua. Novelthy yang termuat dalam artikel ini ialah karakter yang menonjol dalam pembelajaran menulis diantaranya percaya diri, tanggung jawab, dan kreatif.

Published
2020-11-11
How to Cite
Febriani, B., & Rodiyana, R. (2020). PEMBELAJARAN MENULIS DALAM GAMITAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 362-371. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/342