NEED ANALYSIS TO IDENTIFY ENGLISH MATERIALS FOR COMPUTER ENGINEERING STUDENTS
Abstract
Di sekolah menengah kejuruan, materi pengajaran bahasa Inggris berbeda dengan bahasa Inggris pada umumnya. Hal ini dikarenakan siswa SMK membutuhkan materi khusus agar memiliki kompetensi untuk bersaing di dunia kerja. Oleh karena itu, analisis kebutuhan merupakan hal penting untuk mengidentifikasi materi bahasa Inggris yang dibutuhkan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis materi bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh guru dan siswa jurusan Teknik Komputer, dan untuk mengetahui apa yang guru bahasa Inggris ajarkan kepada siswa Teknik Komputer. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner. Terdapat 1 orang guru dan 5 orang siswa dalam penelitian sebagai responden. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bahwa pentingnya materi bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan belajar siswa di SMK. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi penentu bagi sekolah untuk menyediakan program ESP agar kompetensi bahasa Inggris siswa menjadi lebih baik di tempat kerjanya.