PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Asih Rosnaningsih Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Elsa Ardelia Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Eva Alanda Rasid Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nur Fajriyati Islami Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Maydanul Hifziyah Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: LKS Berbasis Saintifik, Keterampilan Menulis, Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa berbasis saintifik dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa sekolah dasar.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode  Quasi-Experimental  design dan subjek penelitian siswa SDN Cipondoh 1 Kota Tangerang. Instrumen penelitian yang  digunakan adalah instrument tes berupa pretest dan posttest. Hasil menunjukkan bahwa : (1) hasil pretest t-hitung 1,674 < t-tabel 2,00 atau H0 diterima yaitu tidak terdapat perbedaan kemampuan menulis diantara kelas kontrol dan kelas eksperimen, (2) hasil posttest t-hitung 2,582 > t-tabel 2,00 atau H1 diterima yaitu terdapat perbedaan kemampuan menulis diantara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasi ltersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di SDN Cipondoh 1 Kota Tangerang khususnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris

Published
2020-11-11
How to Cite
Rosnaningsih, A., Ardelia, E., Rasid, E. A., Islami, N. F., & Hifziyah, M. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 376-382. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/344