MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

  • Fitri Amaliah Universitas Majalengka
  • Roni Rodiyana Universitas Majalengka
Keywords: Hasil belajar IPA, Model Pembelajaran ARIAS

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Banyak hal yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa, diantaranya siswa kurang memahami materi yang dijelaskan guru, guru kurang bervariasi dan kurang mampu menerapkan model, pendekatan, metode, strategi, serta media pembelajaran yang digunakan di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji literature mengenai upaya meningkatkan hasil belajar IPA melaluipenerapan Model PembelajaranAssurance, Relevance, Interest, Assessment And Satisfaction (ARIAS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literature/kajian pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan buku-buku dan jurnal yang terkait dengan penelitian ini, kemudian dibaca dan dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment And Satisfaction (ARIAS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini terlihat dari banyaknya teori dan penelitian relevan yang  mendukung penelitian ini.

Published
2020-11-11
How to Cite
Amaliah, F., & Rodiyana, R. (2020). MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 388-397. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/346