PENINGKATAN KEMAMPUAN GERAK MOTORIK KASAR SISWA TUNAGRAHITA MELALUI PERMAINAN BOLA KECIL
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh kurangnya kemampuan gerak motorik kasar siswa tunagrahita sekolah luar biasa Gelora Karya Dawuan, Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan gerak motorik kasar siswa tunagrahita Sekolah Luar Biasa Gelora Karya Dawuan melalui pembelajaran motorik berbasis permainan bola kecil. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan metode one-group pre-test post-test, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Tunagrahita sedangkan pengambilan sampel yang digunakan adalah Purvosive sampling, sehingga harus menentukan kriteria siswa tunagrahita yang sama yaitu dengan kriteria siswa tunagrahita ringan dengan jumlah sampel 22 siswa, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaituTes Motor ability Data selanjutnya diolah dan dianalisis dengan menggunakan Statistik Uji paired sample t-test. Data yang diperoleh dari pretest dan postest dari output SPSS25 diperoleh Thitung 3.774 > Ttabel 2.086. Jika di lihat dari signifikan, bahwa nilai Sig. sebesar 0,001.karena nilai sig. Kurang dari (a = 0,005), Maka Ho Ditolak dan Hi Diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa tedapat pengaruh pembelajaran motorik berbasis permainan bola kecil yang signifikan terhadap kemampuan gerak motorik kasar siswa tunagrahita sekolah Luar Biasa Gelora Karya Dawuan KabupatenMajalengka. Disarankan oleh peneliti dapat mencari dan menerapkan metode ini terhadap siswa tunagrahita dengan populasi dan sampel yang berbeda.