PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA

  • Maya Dewi Lestari Universitas Majalengka
  • Yoyo Zakaria Ansori Universitas Majalengka
  • Roni Rodiyana Universitas Majalengka
Keywords: Media Pembelajaran, Ular Tangga, Pemahaman Konsep

Abstract

Media pembelajaran dalam penerapannya di kelas pada kenyataannya dapat mempertinggi kualitas hasil pembelajaran termasuk pemahaman konsep siswa.  Pemahaman konsep peta harus dikuasai siswa sebagai dasar pemahaman ruang dan waktu. Namun demikian berdasarkan hasil studi pendahuluan di SDN Liangjulang VI terdapat kelemahan-kelemahan dalam pembelajaran peta diantaranya terletak pada media pembelajaran yang digunakan kurang efektif dan media pembelajaran yang tersedia belum digunakan secara optimal. Kondisi tersebut menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam membaca peta. Media ular tangga merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran konsep peta. Ular tangga adalah permainan yang menggunakan dadu untuk menentukan berapa langkah yang harus dijalani bidak. Permainan ini masuk dalam kategori “board game” atau permainan papan sejenis dengan permainan monopoli, halma, ludo, dan sebagainya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Liangjulang VI menggunakan desain kuasi eksperimen dengan jumlah siswa masing-masing kelas 21 anak. Hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran konsep peta menggunakan media ular tangga tergolong tinggi, sementara hasil belajar siswa dalam pembelajaran konsep peta menggunakan media pembelajaran konvensional tergolong rendah, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar konsep peta siswa menggunakan media pembelajaran ular tangga dengan media konvensional. Dengan demikian pemahaman konsep IPS siswa dengan pembelajaran menggunakan media ular tangga lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan media konvensional.

Published
2020-11-11
How to Cite
Lestari, M. D., Ansori, Y. Z., & Rodiyana, R. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 441-452. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/353