MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, DISCUSS, EXPLAIN,OBSERVE, DISCUSS, EXPLAIN (PDEODE)

  • Riska Awaliyah Wahyuni Universitas Majalengka
Keywords: Meningkatkan, Model PDEODE, Hasil Belajar IPA

Abstract

Berdasarkan data Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) pada tahun 2015 Indonesia berada pada peringkat 44 dari 47 negara yang berpartisipasi dalam bidang sience dengan skor 397 sedangkan rata-rata skor yaitu 500, ini menunjukan bahwa Indonesia termasuk kedalam low international bencmark karena skor yang diperoleh dibawah 400. Dibuktikan dengan aktivitas pembelajaran yang dilakukan disekolah oleh siswa cenderung pasif seperti jarang adanya demonstrasi, percobaan dan pembuktian, sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tergolong masih rendah, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai siswa yang mencapai nilai KKM hanya 40% dari 40 siswa atau hanya 16 siswa tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran predict, discuss, explain,observe, discuss, explain terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Hasil dari kajian literatur dari beberapa sumber tertulis dan penelitian relevan bahwa model pembelajaran predict, discuss, explain,observe, discuss, explain adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan berlandaskan pada teori kontruktivisme, siswa dapat menemukan pengetahuannya sendiri dan dapat menghubugkan pengetahuan awal yang dimilki siswa dengan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman belajar yang diberikan oleh guru melalui 6 tahapan pembelajaran. Model pembelajaran ini baik digunakan dalam pembelajaran IPA dan dapat menigkatkan hasil belajar siswa.

Published
2020-11-11
How to Cite
Wahyuni, R. A. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, DISCUSS, EXPLAIN,OBSERVE, DISCUSS, EXPLAIN (PDEODE) . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 477-486. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/357