MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS KINERJA GURU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kualitas kinerja guru di SMA Islam Sudirman Grabag. Penelitian ini memfoukuskan pada Gaya manajerial atau kepemimpinan dari kepala sekolah terkait kinerja guru dan hambatan kepala sekolah dalam proses peningkatan kualitas guru di SMA Islam Sudirman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan transformasional. Pemilihan gaya kepemimpinan transformasional dipilih, karena dirasa paling tepat untuk diterapkan dalam peningkatan kualitas kinerja guru. Dalam proses pelaksanaanya, kepala sekolah menerapkan beberapa upaya atau strategi yang dilakukan yaitu mengadakan rapat koordinasi bulanan, mengikutsertakan guru pada kegiatan yang menunjang kompetensi guru yaitu, MGMP, Bimtek, workshop dan kepala sekolah memberikan arahan dan bimbingan terhadap guru dalam melaksanakan tugasnya secara personal. Sedangkan hambatan yang dihadapi adalah masih kurangnya kesadaran dari beberapa guru terhadap disiplin budaya kerja dan ada guru belum siap ketika masuk kelas, ini dikarenakan guru masih menggunakan metode mengajar yang monoton sehinga membuat siswa jenuh.