IMPLEMENTASI CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA LINTAS KURIKULUM

  • Nardiansyah Kamumu Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Manado
Keywords: Implementasi, CLIL, Pembelajaran Bahasa, Lintas Kurikulum

Abstract

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam pembentukan SDM. Pendidikan yang berkualitas diharapkan akan menghasilkan SDM yang berkualitas pula. Salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan pendidikan berkualitas yang mampu menghasilkan SDM berdaya saing global adalah dengan menyelenggarakan sekolah bilingual dan juga program kelas internasional. CLIL merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang memadukan pendekatan bahasa dan isi, dimana bahasa kedua atau bahasa asing tidak hanya digunakan sebagai bahasa dalam instruksi pembelajaran tetapi juga sebagai alat yang sangat penting untuk membangun pengetahuan. Melalui observasi, wawancara, dan pertanyaan tertulis, hasil implementasi CLIL di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang menunjukkan bahwa guru bidang studi mengajarkan mata pelajaran matematika menggunakan bahasa Inggris dan kadang dicampur dengan sedikit bahasa Indonesia. Rata–rata siswa memahami pelajaran matematika menggunakan bahasa Inggris.

Published
2020-11-11
How to Cite
Kamumu, N. (2020). IMPLEMENTASI CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA LINTAS KURIKULUM. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 750-757. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/370