DESAIN BAHAN AJAR BERBANTU MACROMEDIA FLASH BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI

  • Muhammad Rizqi Universitas Negeri Semarang
  • Nurjali SMAN 4 Cirebon
Keywords: Macromedia Flash, ADDIE, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang berperan penting dalam pendidikan, karena matematika dapat mengembangkan penalaran logis, rasional, dan kritis serta memberikan keterampilan kepada mereka untuk dapat menggunakan matematika dalam memecahkan masalah yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mengetahui bahan ajar berbantu macromedia flash yang telah dikembangkan mampu diterapkan pada pembelajaran dimasa pandemi ini. Adapun penggunakan bahan ajar tersebut bisa dilaksanakan setelah divalidasi oleh validator ahli. Jenis penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap. Subjek penelitian dua kelas yaitu satu kelas control dan kelas eksperimen di SMA N 4 Cirebon. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa bahan ajar berbantu macromedia flash 8 merupakan bahan ajar yang valid, dengan hasil validasi bahan ajar dari 3 validator ahli yaitu validator I memperoleh kriteria validasi 88%, kriteria validasi 92% dari validator II, sedangkan validator III memberikan kriteria validasi 90% dan validasi gabungan dari ketiga validator yaitu 90%. Sehingga bahan ajar yang telah dikembangkan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Published
2020-11-11
How to Cite
Rizqi, M., & Nurjali, N. (2020). DESAIN BAHAN AJAR BERBANTU MACROMEDIA FLASH BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 613-622. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/373