PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS

  • Rianto IAIN Syekh Nurjati
Keywords: Video Game Edukasi, Media Pembelajaran, Teks Prosedur

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan game edukasi berbasis Role Playing Game (RPG) yang digunakan sebagai media dalam pembelajaran Teks Prosedur di kelas XI Sekolah Menengah Atas, serta mendeskripsikan efektivitas penggunaan game edukasi berbasi Role Playing Game (RPG) sebagai media dalam pembelajaran teks prosedur di kelas XI Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yaitu melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukatif berbasis RPG sebagai media pembelajaran teks prosedur sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Ahli media dengan rerata skor 4,65, praktisi pembelajaran bahasa Indonesia atau guru bahasa Indonesia memperoleh kategori Sangat Layak dengan rerata skor 4,65, dan respon siswa kelas XI IPA 1 SMA PGRI 1 Majalengka dengan persentase ≥ 80% yang berarti “Respon Positif”. Sedangkan hasil dari pengolahan data nilai rata-rata pre test dan post test ada peningkatan dari 6,41 menjadi 7,93 dengan peningkatan sebesar 1,52 dari hasil pengolahan data diperoleh hasil nilai korelasi (r) = 0,74 yang dapat diinterpretasikan termasuk korelasi tinggi. Dengan demikian game edukatisi Role Playing Game (RPG) yang dikembangkan ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran menulis teks prosedur.

Published
2020-11-11
How to Cite
Rianto, R. (2020). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 623-632. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/374