PENCEGAHAN BULLYING DALAM PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PERAN GURU DI SEKOLAH

  • Ima Siti Rahmawati Universitas Majalengka
  • Ajeng Illa Universitas Majalengka
Keywords: Bullying, Pendidikan Karakter, Peran Guru

Abstract

Sebuah kekerasan yang terjadi di sekolah baik verbal maupun nonverbal, kerap kali dialami oleh para siswa. Bahkan parahnya lagi, perundungan menjadi hal yang biasa dilakukan oleh sebagian orang. Perundungan adalah suatu perilaku yang agresif yang memiliki tujuan merendahkan, mengintimidasi, dan memberikan penderitaan baik secara fisik maupun mental kepada korban yang lemah karena merasa dirinya (pelaku) adalah orang yang memiliki kekuasaan atas diri orang lain. Latar belakang dari penelitian ini menitikberatkan kepada bahasa verbal yang digunakan oleh para pelaku kepada korban bullying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengantisipasi perundungan yang terjadi di sekeliling kita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode fenomonologi. Metode fenomonologi adalah metode penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan pengalaman seseorang terhadap suatu fenomena. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa perundungan yang terjadi dikalangan siswa lebih cenderung kepada perundungan verbal menyangkut fisik. Baik itu dari segi fisik mengenai berat badan, wajah, tinggi badan. Untuk kasus perundungan verbal lainnya termasuk IQ, sikap, pakaian, barang, status, dan masa depan.

Published
2020-11-11
How to Cite
Rahmawati, I. S., & Illa, A. (2020). PENCEGAHAN BULLYING DALAM PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PERAN GURU DI SEKOLAH. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 633-640. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/375