MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI MASALAH-MASALAH SOSIAL DALAM MATA PELAJARAN IPS

  • Budi Febriyanto Universitas Majalengka
  • Yeni Dwi Kurino Universitas Majalengka
  • Mahpudin Universitas Majalengka
  • Dudu Suhandi Saputra Universitas Majalengka
  • Fitri Aprilia SDN Majalengka Wetan VIII
Keywords: Numbered Heads Together, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari nilai hasil tes atau evaluasi dalam mata pelajaran IPS dimana sebagian besar siswa kelas IV di SD Negeri Majalengka Wetan VIII yaitu sebesar 50% memperoleh nilai dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran masalah-masalah sosial dengan menggunakan model NHT dan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa setelah diterapkannya model NHT dalam materi masalah-masalah sosial pada siswa kelas IV SD Negeri Majalengka Wetan VIII.  Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SD Negeri Majalengka Wetan VIII  yang berjumlah 20 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan dalam PTK ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan cara mendeskripsikannya, sedangkan data kuantitatif dianalisa dengan cara mencari persentase dan rata-rata. Pemahaman konsep siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata yaitu 59, sedangkan pada siklus II pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa mencapai 71, dan pada siklus III pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa mencapai 78.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman konsep pada materi masalah-masalah sosial dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Majalengka Wetan VIII Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka.

Published
2020-11-11
How to Cite
Febriyanto, B., Kurino, Y. D., Mahpudin, M., Saputra, D. S., & Aprilia, F. (2020). MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI MASALAH-MASALAH SOSIAL DALAM MATA PELAJARAN IPS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 648-656. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/377