PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Triana Ulfah Universitas Sebelas Maret
Keywords: Literasi Digital, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) literasi digital sebagai media untuk mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan snowball sampling pada SMP Negeri di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun objek yang dijadikan informan dalam penelitian ini meliputi guru dari lima sekolah yang ada di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Analisis data data terdiri dari tiga alur yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) penanaman nilai-nilai pendidikan karakter secara umum telah dilakukan pada pembelajaran  Bahasa Indonesia di sekolah. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dilakukan melalui materi dan teks bacaan yang meliputi; teks berita, teks cerpen, dan teks biografi. (2) mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter melalui gerakan literasi digital dilakukan dengan memanfaatkan media online yang meliputi;  inpusnas, google for education, wattpad, dan anchor. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter secara tidak langsung tersampaikan pada tujuan pembelajaran yang telah dirancang dan direncanakan, yang tentunya termasuk di dalam salah satu nilai-nilai pendidikan karakter. Salah satu dari nilai tersebut dapat mendukung terintegrasinya upaya penumbuhan literasi

Published
2020-11-11
How to Cite
Ulfah, T. (2020). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 727-736. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/386