PEMANFAATAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

  • Iim Halimatul Mu’minah Universitas Majalengka
  • Aden Arif Gaffar Universitas Majalengka
Keywords: E-Learning, Google Classroom, Media pembelajaran Biologi

Abstract

Perkembangan dunia teknologi dan informasi saat ini sudah berkembang dengan cepat. Banyak alternatif-alternatif baru tercipta di era sekarang ini, begitu juga dalam hal teknologi pembelajaran di sekolah-sekolah saat ini, teknik yang digunakan semakin beragam yang dikenal dengan istilah E-Learning. E-Learning adalah pengajaran dan pembelajaran yang didukung dan dikembangkan melalui teknologi dan media digital, dan juga merupakan salah satu bentuk dari konsep belajar jarak jauh. Media pembelajaran berfungsi untuk menghadirkan objek yang tidak dapat dilihat siswa secara langsung atau objek yang terlalu mikro untuk dapat dilihat langsung. Seorang guru harus mampu memilih media yang sesuai dengan konsep yang akan disampaikan. Pesatnya perkembangan teknologi saat ini juga mempengaruhi dunia pendidikan, pembelajaran secara online  atau disebut kelas online. Pembelajaran online saat ini banyak dikembangkan beberapa vendor dunia seperti google dengan google classroom. Google Classroom merupakan sebuah aplikasi yang memungkimkan terciptanya ruang kelas di dunia maya. Dengan pemanfaatan aplikasi E-learning berbasis google classroom sebagai media pembelajaran biologi ini diharapkan akan mempermudah guru-guru dalam pengarsipan dan pengorganisasian berkas tugas dan proses penilaian.  Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Berdasarkan hasil studi pustaka, pembelajaran dengan Pemanfaatan E-Learning berbasis google classroom sangat efektif dan efisien yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Pengajar dapat memberikan bahan ajar secara online, baik berupa teks, gambar, audio, maupun video kepada peserta didik.

Published
2020-11-11
How to Cite
Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020). PEMANFAATAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 800-816. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/392