PERSPEKTIF KURIKULUM IPS SEKOLAH DASAR ERA DIGITAL

  • Roni Rodiyana Universitas Majalengka
  • Wina Dwi Puspitasari Universitas Majalengka
Keywords: Digital, Kurikulum, IPS, Sekolah dasar

Abstract

Dengan terus berkembangnya teknologi dan informasi maka berbanding lurus dengan berkembangnya permasalahan yang membutuhkan penyelesaian dengan pemikiran tingkat tinggi. Pendidikan di era digital merupakan pendidikan yang harus mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi ke dalam seluruh mata pelajaran khususnya pada pembelajaran IPS di SD. Pendidik perlu memerhatikan kurikulum, pendekatan, model, strategi, dan metode pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi media sosial yang sering digunakan peserta didik dalam kesehariannya. Perspektif masa depan sering dikaitkan dengan kurikulum rekonstruksi sosial, yang menekankan kepada proses mengembangkan hubungan antara kurikulum dan kehidupan sosial serta direlevansikan dengan perkembangan teknologi informasi. Kurikulum harus dirancang dengan program yang dapat diterima untuk semua, namun tetap disesuaikan dengan perkembangan talenta peserta didik. Sistem pembelajaran di era digital ini dianggap bisa lebih efisien dalam memberikan pembelajaran kepada siswa dengan memanfaatkan teknologi BSE, Cakap, Cisco Webex, Edmodo, Google Suite for Education, Kelas Pintar, Kipin School 4.0, MejaKita, Office 365 Education, Quipper School, Ruangguru, Rumah Belajar, Sekolahmu, Zenius Education, serta digital storytelling. Teknologi tersebut jika disinergikan dengan lingkungan pendidikan maka akan menakjubkan sebab peserta didik akan lebih semangat belajar dan merasa menerima sokongan terhadap keperluan-keperluan yang mereka butuhkan.

Published
2020-11-11
How to Cite
Rodiyana, R., & Puspitasari, W. D. (2020). PERSPEKTIF KURIKULUM IPS SEKOLAH DASAR ERA DIGITAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 817-833. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/393