PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI FLUIDA DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS

  • Intan Anggraeni Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Faizah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Damar Septian Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
Keywords: modul, inkuiri terbimbing, fluida dinamis, keterampilan generik sains

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing materi fluida dinamis terhadap keterampilan generic sains siswa kelas XI IPA 1 SMAN 8 Cirebon pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan bentuk desain pre-eksperimen. Sedangkan desain penelitiannya menggunakan One-Group Pretest-Postets Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 di SMAN 8 Cirebon tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan generik sains dan variabel bebasnya adalah modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara tes dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil keterampilan generik sains siswa dianalisis dengan uji t dua sampel berpasangan menggunakan software IBM SPSS Statistik 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan generik sains siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil pretes dan postes sebesar 14,17 dari skor 25,83 menjadi 70,00. Hal ini diperkuat dengan uji hipotesis menggunakan uji-t sampel berpasangan diperoleh nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), maka H1 diterima dan H0 ditolak.

Published
2020-11-11
How to Cite
Anggraeni, I., Faizah, F., & Septian, D. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI FLUIDA DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 834-840. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/394