ECOPRENEURSHIP DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

  • Yeni Suryaningsih Universitas Majalengka
  • Ipin Aripin Universitas Majalengka
Keywords: Ecopreneurship, Pembelajaran Biologi

Abstract

Penelitian ini merupakan artikel review tentang peranan Ecopreneurship dalam pembelajaran Biologi. Dunia pendidikan Indonesia belum sepenuhnya mampu menjawab tantang untuk menyediakan tenaga kerja yang berkualitas sehingga masih banyak lulusan SMA, diploma, maupun sarjana yang menganggur. Fenomena ini perlu disikapi oleh sekolah khususnya tingkat menengah yang paling banyak menyumbang pengangguran terdidik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan melalui pengintegrasian materi pelajaran dengan konsep kewirausahaan untuk membekali siswa agar memiliki skill sebagai entrepreneur. Mata pelajaran biologi memiliki compability yang tinggi untuk diintegrasikan dengan konsep pembelajaran kewirausahaan hal ini karena konsep pembelajaran biologi pada dasarnya adalah konsep keseharian yang bersentuhan langsung dengan kehidupan sehari-hari dan dapat dikembangkan menjadi aspek entrepreneur seperti pada konsep pembelajaran Bioteknologi dapat ditambahkan praktek fermentasi berbagai produk seperti pembuatan tape, yogurt, dan lain-lain. Konsep kewirausahaan ini, sekarang diintegrasikan sebagai ecopreneurship yang merupakan usaha yang kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan sesuatu yang ada di lingkungan sekitar menjadi produk yang memiliki nilai jual/keuntungan dengan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dan sumber daya  alam. Kepedulian terhadap lingkungan merupakan bagian dari pengembangan karakter dan bagian integral dari konsep pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Published
2020-11-11
How to Cite
Suryaningsih, Y., & Aripin, I. (2020). ECOPRENEURSHIP DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 911-922. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/401