MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPS SISWA SD

  • Fitri Yulianti Purnama Lestari Universitas Majalengka
  • Yoyo Zakaria Ansori Universitas Majalengka
  • Dede Salim Nahdi Universitas Majalengka
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, IPS

Abstract

Pada era globalisasi, informasi semakin mudah didapatkan dan ilmu pengetahuanpun berkembang dengan pesat, semua orang dapat menerima informasi termasuk Siswa sekolah Dasar.  guru harus mempersiapkan siswa untuk dapat memilah dan memilih informasi karena tidak semua informasi dapat diterima dengan baik. dalam proses pembelajaran guru harus menggunakan model pembelajaran yang interaktif , menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah salah satu model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk belajar aktif, mencari, menemukan, menggali informasi dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna, sehingga siswa dapat memecahkan masalah yang diberikan oleh guru melalui penemuannya. Guru harus menanamkan keterampilan berpikir kritis sehingga siswa dapat peka terhadap suatu maslah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pembelajaran IPS  yang didalamnya terdapat suatu pembelajaran mengenai disiplin ilmu-ilmu sosial. Pembelajarn IPS bertujuan memecahkan suatu permasalah pada kehidupan sehari-hari yang dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. sehingga siswa dapat mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari.

Published
2019-10-22
How to Cite
Lestari, F. Y. P., Ansori, Y. Z., & Nahdi, D. S. (2019). MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPS SISWA SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 509-516. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/73