KAJIAN PERENCANAAN GEOMETRIK JALAN DAN TEBAL PERKERASAN JALAN LINGKAR UTARA MAJALENGKA
Abstract
Perencanaan geometrik jalan berfungsi untuk menentukan dimensi nyata dari suatu jalan serta sifat-sifat lalulintas yang melaluinya. Perencanaan geometrik jalan ini berhubungan dengan lalulintas, sedangkan konstruksi jalan berhubungan dengan beban lalulintas yang melalui jalan tersebut. Perencanaan geometrik jalan dan konstruksi jalan saling berkaitan,karena akan terciptanya perencanaan jalan keseluruhan (all over planning). Tujuan Penelitian Dalam perencanaan pembuatan jalan ini ada tujuan yang hendak dicapai yaitu; Merencanakan bentuk geometrik dari jalan kelas fungsi kolektor dan Merencanakan tebal perkerasan pada jalan tersebut. Hasil Analisa Pada pelaksanaan pemadatan dapat disimpulkan yaitu: 1. Pekerjaan pemadatan tidak perlapis dan lintasannya tidak sesuai dengan ketentuan.2. Pada proses pengurugannya tidak direncanakan berapa tinggi timbunan yang sesuai ketentuan. Perkerasan jalan Lingkar Majalengka - Baribis menggunakan jenis perkerasan lentur berdasarkan volume LHR yang ada dengan dengan jenis bahan yag dipakai adalah: Surface Course : Laston MS 744; Base Course; Batu pecah Kelas A ( CBR 100% ); Sub Base Course : Sirtu Kelas A ( CBR 70% ). Dengan perhitungan didapatkan dimensi dengan tebal dari masing- masing lapisan Surface Course : 7,5 cm; Base Course : 20 cm; Sub Base Course : 12 cm