PENTINGNYA MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

  • Ai Rosmanah Universitas Majalengka
Keywords: Screamble, visual, Pembelajaran IPS

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran IPS disekolah dasar merupakan mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan permasalahan-peermasalahan sosial yang terjadi dilingkungan mayarakat. Saat ini pelaksanaan pembelajaran IPS disekolah dasar masih belum maksimal, siswa belum mampu memahami konsep IPS, motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran masih rendah. Penggunaan model dan media pembelajaran sangat mempengaruhi kegiatan proses pembelajaran IPS disekolah dasar. Untuk itu guru harus memilih model dan media pembelajaran yang harus disesuaikan dengan materi yang akan dipelajari serta karakteristik siswa disekolah dasar. Salah satu model yang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS yaitu model pembelajaran kooperatif tipe screamble, selain model pembelajaran, guru juga harus memilih media pembelajaran, salah satu media yang cocok untuk diterapkan disekolah dasar yaitu media visual yang berupa gambar-gambar yang sangat membantu siswa dalam membangkitkan motivasi belajar. Melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe screamble berbantuan media visual dalam pembelajaran IPS disekolah dasar. Dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPS dan juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Published
2019-10-22
How to Cite
Rosmanah, A. (2019). PENTINGNYA MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 706-712. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/103