PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Eva Nursyifah Universitas Majalengka
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Inkuiri, Siswa Sekolah Dasar.

Abstract

Artikel ini sebagai kajian literature review bertujuan untuk mengetahui pentingnya membangun kemampuan berpikir kritis siswa sejak duduk di sekolah dasar melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu kebutuhan siswa dalam mengembangkan potensinya, namun seringkali terabaikan. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan siswa dalam membuat keputusan yang masuk akal dengan memperhatikan tujuan yang hendak dicapai. Upaya membangun kemampuan berpikir kritis siswa bisa dilakukan dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran inkuiri adalah sebuah model yang menekankan pada proses berpikir secara sistematis, kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri dari suatu permasalahan yang dihadapi, baik dalam proses pembelajaran maupun di lingkungan dimana siswa berada, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan kebermaknaan hidup. Model pembelajaran ini memiliki langkah-langkah pembelajaran yang mendukung dalam membangun kemampuan berpikir kritis yaitu melaksanakan percobaan dan pengamatan. Kegiatan percobaan dan pengamatan ini sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa sekolah dasar dengan karakteristik siswa senang melakukan sesuatu secara langsung danĀ  siswa sudah mampuĀ  memecahkan masalahnya dengan bantuan benda konkret. Berdasarkan uraian tersebut bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri sesuai digunakan dalam membangun kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar

Published
2019-10-22
How to Cite
Nursyifah, E. (2019). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 810-817. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/116