PENTINGNYA MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penerapan model inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dalam proses pembelajaran sangat sesuai dalam pembelajaran IPA, IPA dipelajari agar siswa dapat mengetahui dan memahami ilmu tentang alam dengan menggunakan cara metode ilmiah, sehingga dari kegiatan tersebut dapat menimbulkan sikap ilmiah pada diri siswa, sehingga dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut sejalan dengan penerapan kurikulum 2013 yang menekankan pada aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan. Pembelajaran IPA dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis lingkungan memiliki beberapa tahapan yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga proses tersebut dapat memberikan pengalaman kepada siswa agar siswa dapat menghadapi permasalahan-permasalahan yang dihadapinya dan dari kegiatan-kegiatan ilmiah yang telah dilakukan dapat menimbulkan sikap ilmiah.