PERAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Model inkuiri terbimbing berbasis lingkungan merupakan alternatif untuk dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA dipelajari di Sekolah Dasar untuk mengetahui dan memahami ilmu yang berkaitan dengan alam sekitar dengan menggunakan metode ilmiah, sehingga dapat mendorong peserta didik untuk bisa berpikir kritis dan mengembangkan keterampilan yang dimilikinya. Hal tersebut sejalan dengan tujuan kurikulum 2013, dimana pada kurikulum 2013 menekankan pada tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor, serta sesuai dengan kelebihan model inkuiri terbimbing dimana dalam proses pembelajarannya menekankan pada ketiga aspek tersebut. Penggunaan model inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dalam proses pembelajaran dapat melibatkan peserta didik secara langsung dalam mencari dan menemukan inti dari konsep yang dipelajarinya dan dapat menimbulkan minat serta motivasi belajar yang tinggi, sehingga peserta didik mudah memahami konsep dari pembelajaran IPA yang diajarkan dan dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.