IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Ririn Kusrini Anggraeni Universitas Majalengka
  • Yeni Dwi Kurino Universitas Majalengka
  • Mahpudin Mahpudin Universitas Majalengka
Keywords: Pendekatan saintifik, Project Based Learning, Pembelajaran Matematika

Abstract

Model Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang bermakna dan mendorong siswa untuk menunjukkan kreativitas dan juga lebih bersifat kontekstual yang mengharapkan siswa dapat belajar mandiri dengan meningkatkan motivasi belajarnya. Oleh karena itu, guru dituntut untuk memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai khususnya pada pembelajaran matematika. Matematika merupakan satu mata pelajaran yang berperan penting untuk diajarkan di sekolah dan mata pelajaran yang harus dipelajari sekaligus bermanfaat untuk kehidupan sehari – hari dalam memecahkan masalah. Artikel ini mendiskusikan tentang pendekatan saintifik dengan model Project Based Learning (PjBL) yang merupakan salah satu model pembelajaran yang di arahkan dalam menerapkan pendekatan saintifik. Model Project Based Learning (PjBL) merupakan model yang cocok untuk memecahkan masalah matematika dengan menggunakan project sebagai hasil akhir dari proses pembelajaran. Pada akhir pembahasan akan diuraikan bagaimana implementasi model Project Based Learning (PjBL) dengan menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran matematika.

Published
2019-10-22
How to Cite
Anggraeni, R. K., Kurino, Y. D., & Mahpudin, M. (2019). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 965-973. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/135