PENTINGNYA MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTETHIC (VAK) DALAM PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR

  • Hana Trianasari Universitas Majalengka
  • Dede Salim Nahdi Universitas Majalengka
  • Devi Afriyuni Yonanda Universitas Majalengka
Keywords: IPS, Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK)

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar. Pembelajaran IPS sangat penting diajarkan kepada peserta didik sebab manusia adalah makhluk sosial yang hidup bermasyarakat. Oleh sebab itu, siswa harus dibekali dengan pengetahuan tentang kemasyarakatan sehingga dengan pengetahuan tersebut ia memiliki sikap yang baik dan keterampilan yang berguna baik bagi dirinya maupun bagi masyarakat. Namun Pembelajaran IPS dipandang kurang menarik sehingga sehigga mengakibatkan rendahnya minat, respon serta antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS di sekolah, yang disebabka oleh keterampilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang salah satunya tanpa ada nya model pembelajaran yang digunakan, sehingga pembelajaran bersifat teacher center, akan lebih membosankan, kurangnya media dalam pembelajaran. Salah satu alternatif untuk menumbuhkan minat dan respon siswa dalam belajar dengan menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran VAK adalah pembelajaran yang menekankan belajar dengan memanfaatkan alat indra yang dimiliki oleh siswa yaitu penglihatan, pendengaran dan gerak tubuh. Dengan demikian tjuan pembelajaran akan tercapai apabila guru mampu menggunakan model pembelajaran dengan baik. Pelajaran IPS dipendidikan dasar tentu menjadi hal yang sangat penting bagi individu dalam menjalani hidup bermasyarakat, peran guru yang optimal tentu sangat diperlukan. Sehingga dapat terwujud masyarakat yang beradab dengan mendasarkan pada nilai-nilai kehidupan.

Published
2019-10-22
How to Cite
Trianasari, H., Nahdi, D. S., & Yonanda, D. A. (2019). PENTINGNYA MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTETHIC (VAK) DALAM PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 113-120. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/17