PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui profil kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda, lembar observasi, angket dan ditunjang dengan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indicator kemampuan literasi sains adalah sebagai berikut: (1) mengidentifikasi pendapat ilmiah yang valid 76,97% dengan kategori baik, (2) melakukan penelusuran literatur yang efektif 58,8% dengan kategori cukup, (3) memahami elemen-elemen desain penelitian 60,19% dengan kategori cukup, (4) membuat grafik secara tepat dari data 59,61% dengan kategori cukup, (5) memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif, termasuk statistik dasar 51,97% dengan kategori cukup, (6) memahami dan menginterpretasikan statistik dasar 51,47% dengan kategori cukup, dan (7) melakukan inferensi, prediksi, dan penarikan kesimpulan berdasarkan data kuantitatif 59,38% dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian ini profil kemampuan literasi sains siswa masih tergolong ke dalam kategori “cukup” dengan rata-rata 60% pada materi system ekskresi.