PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI

  • Anilia Ratnasari Universitas Wiralodra
  • Sumini Sumini Universitas Wiralodra
Keywords: Kemampuan Literasi Sains, Sistem Ekskresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui profil kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda, lembar observasi, angket dan ditunjang dengan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa indicator kemampuan literasi sains adalah  sebagai  berikut: (1) mengidentifikasi pendapat ilmiah yang valid 76,97% dengan kategori baik, (2) melakukan penelusuran literatur yang efektif 58,8% dengan kategori cukup, (3) memahami elemen-elemen desain penelitian 60,19% dengan kategori cukup, (4) membuat grafik secara tepat dari data 59,61% dengan kategori cukup, (5) memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif, termasuk statistik dasar 51,97% dengan kategori cukup, (6) memahami dan menginterpretasikan statistik dasar 51,47% dengan kategori cukup, dan (7) melakukan inferensi, prediksi, dan penarikan kesimpulan berdasarkan data kuantitatif 59,38% dengan kategori cukup. Berdasarkan  hasil penelitian ini profil kemampuan literasi sains siswa masih tergolong ke dalam kategori “cukup” dengan rata-rata  60%  pada materi system ekskresi.

Published
2019-10-22
How to Cite
Ratnasari, A., & Sumini, S. (2019). PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 1-11. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/2