PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEREDARAN DARAH MANUSIA PEMBELAJARAN TEMA 4 SUBTEMA 1 PEREDARAN DARAHKU SEHAT PADA SISWA KELAS V SD

  • Mochamad Septa Lutfi Nugraha UN PGRI Kediri
  • Abdul Aziz Hunaifi UN PGRI Kediri
  • Rian Damariswara UN PGRI Kediri
Keywords: Multimedia, Peredaran Darah Manusia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil pengamatan di sekolah dasar. Hasil pengamatan yang dilakukan dapat diketahui bahwa di SD, guru tidak menggunakan media pembelajaran, guru hanya menggunakan buku cetak sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi pembelajatan. Akibatnya siswa tidak dapat mengingat dan memahami secara keseluruhan mata pelajaran IPA pada materi peredaran darah manusia. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kevalidan multimedia Peredaran Darah Manusia yang telah dikembangkan? (2) Bagaimanakah kepraktisan multimedia Peredaran Darah Manusia digunakan pada proses pembelajaran siswa kelas V? Penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan dalam penelitian ini diawali dengan analisis, mendesain, mengembangakan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan instrumen angket validasi ahli media, validasi ahli materi IPA, dan angket respon guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) produk pengembangan multimedia interaktif dinyatakan valid. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis validasi ahli, kualitas media yang dikembangkan adalah sangat valid dengan persentase skor 84% dari validator media dan 87% dari validator materi. (2) Kepraktisan multimedia interaktif yang dikembangkan diperoleh dari angket respon guru sekolah dasar kelas V diperoleh skor 90%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, sisarankan: (1) Pembuatan multimedia interaktif membutuhkan kecermatan, tidak asal jadi. Peneliti harus mempersiapkan semua komponen semaksimal mungkin mulai dari desain baik desain tampilan maupun desain tombol navigasi, urutan slide, model yang akan dipakai di dalam program. (2) Sebelum mengembangkan multimedia interaktif, peneliti harus mencari dan mempersiapkan konten atau materi multimedia interaktif secara mendalam dan luas. Jangan asal memasukkan konten atau materi. Jadi, isi materi dari multimedia interaktif lebih berbobot.

Published
2020-11-11
How to Cite
Nugraha, M. S. L., Hunaifi, A. A., & Damariswara, R. (2020). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEREDARAN DARAH MANUSIA PEMBELAJARAN TEMA 4 SUBTEMA 1 PEREDARAN DARAHKU SEHAT PADA SISWA KELAS V SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 33-44. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/298