URGENSI MODEL PEMBELAJARAN KOOFERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPA

  • Juju Juhaeriah Universitas Majalengka
  • Indra Adi Budiman Universitas Majalengka
  • Yeni Dwi Kurino Universitas Majalengka
Keywords: Model Pembelajaran NHT, Pemahaman Konsep, IPA

Abstract

Proses pembelajaran diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang bermakna. Kebermaknaan dalam belajar merupakan hasil dari peristiwa mengajar ditandai oleh adanya hubungan dari berbagai komponen yang dapat memberikan pembelajaran baik itu guru dengan siswa bahkan dengan sumber belajaranya disuatu lingkungan agar kemampuan kognitif siswa dapat berkemabang dengan mengaktifkan lebih banyak indra. Seorang guru dituntut untuk cermat memilih model pembelajaran yang tepat, salah satu medel yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran numbered head together yaitu sebuah model pembelajaran kelompok  yang dirancang dengan mengedepankan aktivitas belajar siswa dalam mencari, mengolah dan melaporkan informasi yang akhirnya dipersentasikan didepan kelas sehingga siswa lebih aktif dan pembelajaran dapat bermakna. Model pembelajaran numbered head together memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman kosepnya. Pemahaman disini yaitu siswa mampu memahami apa yang diajarkan dan dapat menjelaskan apa yang didengar dengan pemahamannya sendiri. Hal ini, sangat penting dalam pemahaman konsep dan diharapkan siswa benar-benar aktif dalam mengikuti pembelajaran secara langsung sehingga berdampak pada ingatan siswa tentang apa yang dipelajari.

Published
2019-10-22
How to Cite
Juhaeriah, J., Budiman, I. A., & Kurino, Y. D. (2019). URGENSI MODEL PEMBELAJARAN KOOFERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 203-210. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/30