PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA

  • Putri Nadia Universitas Majalengka
Keywords: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran, Sains Teknologi Masyarakat

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu aspek penting dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Pembelajaran yang bermakna memerlukan adanya kreativitas dari seorang guru dalam memilih model pembelajaran yang akan digunakan. Namun, pada salah satu sekolah di Kabupaten Majalengka pemahaman konsep yang dimiliki siswa masih rendah. Terkhusus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Sehingga guru harus pandai mencari dan menerapkan model pembelajaran yang tepat agar materi dapat tersampaikan dengan baik sehingga siswa dapat memperoleh pemahaman konsep yang baik pula. Tujuan pembuatan kajian literatur ini adalah untuk memaparkan pentingnya menerapkan model pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa. Sebagai guru yang kreatif, penerapan model pembelajaran sangat diperlukan, salah satunya adalah model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) siswa mendapat pemahaman konsep yang nyata dalam materi siklus air sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep. Hasil kajian menunjukan bahwa model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat memberikan pengaruh yang cukup besar untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA karena model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat mengacu kepada hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan sekitar anak. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA. Saran kepada guru agar selalu menggunakan model pembelajaran guna dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih efesian dan pandailah memilih model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang akan diajarkan.

Published
2020-11-11
How to Cite
Nadia, P. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 98-105. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/305