REPRESENTASI VISUAL BUKU BIOLOGI SMA

  • Sri Hertati Universitas Majalengka
  • Ipin Aripin Universitas Majalengka
  • Iim Halimatul Mu’minah Universitas Majalengka
Keywords: Representasi Visual, Buku Biologi

Abstract

Upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti meningkatkan kualitas tenaga pengajar, melengkapi sarana prasarana pendidikan termasuk penyedian buku ajar yang berkualitas sebagai salah satu sumber belajar. Buku teks adalah salah satu alat bantu dan sekaligus sumber belajar dalam proses pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dan siswa. Untuk membentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa dibutuhkan materi pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa, dan harus memiliki keakuratan yang tidak dapat diragukan. Sehingga apabila dibaca oleh siswa dapat lebih mudah dipahami dengan jelas. Terkadang materi saja tidak cukup untuk memberikan penjelasan terhadap siswa, biasanya siswa lebih paham jika materi pembelajaran didukung dengan adanya representasi visual. Penelitian ini merupakan artikel review tentang representasi visual buku ajar SMA. Representasi visual memiliki kedudukan yang sangat penting dalam buku teks, hal ini dikarenakan sebuah gambar dapat mewakili ribuan kata yang diungkapkan oleh penulis. Representasi visual banyak memberikan peran fungsi dan manfaat dalam penyampaian materi sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

Published
2020-11-11
How to Cite
Hertati, S., Aripin, I., & Mu’minah, I. H. (2020). REPRESENTASI VISUAL BUKU BIOLOGI SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 106-112. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/306