HUBUNGAN GENDER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Gender pada masyarakat sering diartikan sebagai jenis kelamin padahal definisi gender dan jenis kelamin merupakan suatu hal yang berbeda. Masalah kesetaraan gender sering dijumpai di lingkungan sekolah dan masyarakat. Sebagai contoh di sekolah, untuk memberikan pemahaman kepada para guru bahwa gender tidak memiliki pengaruh dalam menentukan peserta didik laki-laki atau perempuan yang memiliki prestasi belajar lebih baik. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar di sekolah yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Hasil kajian diperoleh dari hasil analisis beberapa penelitian ilmiah. Manfaat kajian ini adalah memberikan gambaran terhadap hubungan gender dengan prestasi belajar siswa. Kajian ini bertujuan mengetahui keterkaitan antara prestasi belajar dengan hubungan Gender di sekolah. Guru sebagai salah satu tenaga pendidik yang sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di sekolah. Prestasi belajar Antara laki-laki dan perempuan secara biologis terdapat perbedaan karena struktur otak serta fungsinya terdapat sedikit perbedaan.