PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESIGN TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK

  • Euis Ratnawati Universitas Majalengka
  • Roni Rodiyana Universitas Majalengka
Keywords: model pembelajaran Meaningful Instruction Design (MID), kemampuan metakognitif, pembelajaran IPS

Abstract

Kemampuan metakognitif peserta didik masih kurang diperhatikan oleh guru, sehingga peserta didik kurang menggali pengetahuan dari sumber yang lain akibatnya informasi yang diterima hanya bersumber dari guru. Kemampuan metakognitif peserta didik sebaiknya dikembangkan sejak di bangku Sekolah Dasar, hal ini didasarkan pada keterampilan yang mengharuskan peserta didik memiliki kemampuan High Thinking Order Skill (HOTS)  yang berguna untuk mengidentifikasi permasalah serta strategi yang tepat dalam mengatasi permasalahan yang diberikan. Memberikan contoh yang sesuai dengan kehidupan nyata peserta didik pun sangat diperlukan, ini akan mempermudah dalam memahami pengetahuan yang bersifat abstrak. Model pembelajaran Meaning Instruction Design (MID) dapat diartikan sebagai suatu model pembelajaran yang mengaitkan materi ajar dengan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik dengan tujuan mendapatkan pengetahuan baru. Model pembelajaran ini mampu menimbulkan kebermaknaan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui model pembelajaran meaningful instruction design terhadap kemampuan mekognitif peserta didik. Metode yang digunakan adalah kajian literatur. Pada pada penelitian ini akan mengaitkan model pembelajran Meaning Instructional Design dengan kemampuan metakognitif dengan mengimplementasikan kemampuan berpikir peserta didik dalam menyelesaikan masalah berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya serta meningkatkan kemampuan dalam menentukan strategi sehingga mampu merefleksi kemampuan dirinya.

Published
2020-11-11
How to Cite
Ratnawati, E., & Rodiyana, R. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESIGN TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 193-200. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/321