PENERAPAN METODE MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Iffa Nurfadila Universitas Majalengka
Keywords: Hasil belajar siswa, metode Mnemonik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar siswa, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SDN Sukasari III Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka dengan menggunakan metode Mnemonik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sukasari III Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka yang berjumlah 21 orang siswa terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk mengnalisis hasil tes setiap siklus dan deskriptif kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Mnemonik dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sukasari III. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari prasiklus hingga siklus II. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada prasiklus 64,7 dengan persentase ketuntasan 33% pada siklus I nilai rata-rata 70,55 dengan persentase ketuntasan  50% kemudian pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76 dengan persentase ketuntasan 83%. Hasil penelitian mengalami peningkatan setiap siklusnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Mnemonik dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sukasari III Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka.

Published
2020-11-11
How to Cite
Nurfadila, I. (2020). PENERAPAN METODE MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 206-215. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/323